SOP PENGADUAN

 

 

 

 

PEMERINTAH KOTA MOJOKERTO

SKPD DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

 

 

Standard  Operating  Procedures (SOP)

PENANGANAN PENGADUAN ON LINE MASYARAKAT

PEMERINTAH KOTA MOJOKERTO

 

 

Nomor SOP

188.4/       /SOP/417.304/2016    

Tanggal Pembuatan

22 Februari 2016

Tanggal Revisi

24 Februari 2016

Tanggal Disahkan

25 Februari 2016

Disahkan Oleh

Kepala Dishubkominfo

Kota Mojokerto

 

 

 

 

GAGUK TRI PRASETYO,ATD.MM

Pembina Tingkat I

NIP. 19680206 199301 1 002

Nama SOP

Penanganan Pengaduan Online Masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DASAR HUKUM

KUALIFIKASI PELAKSANA :

1.       Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

2.       Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : PER/05/M.PAN/4/2009 tentang Pedoman Umum Penanganan Pengaduan Masyarakat bagi Instansi Pemerintah

3.       Surat

 

1.     Mampu mengoperasionalkan Website Pengaduan ;

2.     Mengetahui tugas dan fungsi sistem dan prosedur pengaduan;

3.     Mengetahui tugas dan fungsi mekanisme pembuatan laporan;

KETERKAITAN :

PERALATAN / PERLENGKAPAN :

SOP Teknologi Informasi Dan Komunikasi Tahun 2015

1.       Lembar kerja

2.       Referensi Aturan

3.       Komputer / Printer / Scaner

4.       Jaringan internet  

PERINGATAN

PENCATATAN DAN PENDATAAN

 

1.       Lembar kerja

2.       Referensi Aturan

3.       Komputer / Printer / Scaner

4.       Jaringan internet 

No.

Uraian Kegiatan

Keterangan Pelayanan

Unit/Pejabat Terkait

Waktu Penyelesaian

Ket.

A.

Penanganan Laporan Pengaduan Online

1.      Petugas Layanan Pengaduan menerima pengaduan masyarakat melalui   Website Pengadauan dan melakukan ferifikasi.

Operator Website

 

 

 

 

 

30 menit

 

 

 

 

 

 

2.      Petugas Layanan Pengaduan Mencetak Pengaduan yang masuk jika sesuai tupoksi dan meneruskan pengaduan kepada pejabat terkait atau pejabat yang diberi kewenangan untuk menangani pengaduan dimaksud ; Atau

Operator Website

Pejabat Terkait

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 x 24 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Petugas Layanan Pengaduan menghubungi admin Pengaduan Online jika tidak sesuai tupoksi

Operator Website

Admin Pengaduan

 

 

60 Menit

 

 

 

 

4.      Petugas pelayanan pengaduan segera memberikan jawaban langsung jika permasalahan sifatnya segera dan bersifat umum.

Operator Website

 

 

 

 

 

 

120 menit

 

 

 

 

 

 

 

5.      petugas pelaksana pelayanan pengaduan (Pejabat terkait) atau pejabat yang diberi kewenangan untuk menangani pengaduan tersebut mempelajari dan menelaah hal-hal yang dilaporkan masyarakat/publik tersebut untuk selanjutnya dilaporkan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti.

Pejabat Terkait

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 x 24 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.       Pimpinan menindaklan-juti dan  memberikan jawaban terhadap pengaduan masyarakat /publik tersebut secara tertulis.

Kepala SKPD

 

12 jam

 

 

7.       Bila diperlukan, Pimpinan melakukan koordinasi dengan pihak/pejabat terkait yang berhubung-an dengan pengaduan masyarakat/publik tersebut memberikan jawaban terhadap pengaduan masyarakat /publik tersebut secara  tertulis.

Kepala SKPD

 

1 x 24 Jam

 

 

 

8.      Petugas Pelayanan Pengaduan menginputkan jawaban pengaduan yang masuk di website sesuai dengan jawaban yang telah diberikan oleh Pejabat terkait.

Operator Website

 

 

60 Menit

 

 

 

 

B.

Publikasi terhadap Laporan Pengaduan Online

1.     Sebelum dipublikasikan pengaduan yang masuk melalui website atau sms, Redaktur Bagian Humas Melakukan verifikasi dan editing terhadap jawaban yang telah diinputkan

Redaktur  Bagian Humas

120 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

2.       Koordinator Pengaduan Bagian Humas melakukan Publikasi pengaduan di website atau SMS pengaduan setelah dilakukan editing.

Koordinator Bagian Humas

15 Menit

 

 

 

 

 

 

C.

Keterkaitan Dan Penanggung Jawab User Pengaduan Online

1.       Bagian Humas sebagai Koordinator Pengaduan Online Mempunyai kewenangan untuk mengingatkan SKPD terhadap pengaduan yang masuk agar segera ditindak lanjuti.

Koordinator Bagian Humas

120 menit 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.       Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika Sebagai Admin Pengaduan Online memindahkan pengaduan yang salah setelah mendapat laporan dari SKPD yang mendapatkan pengaduan.

Admin DISHUBKOMINFO

60 Menit

 

 

 

 

Selesai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

                                                                               

 

 

 

 

TENTANG KAMI

Situs pengaduan.mojokertokota.go.id ini adalah situs resmi pengaduan masyarakat yang diperuntukkan bagi warga Kota Mojokerto. Dibangunnya aplikasi ini tidak lain adalah untuk memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tidak berkadar pengawasan yaitu Kritik, Saran, Keluhan/pengaduan yang bersifat pembangunan dan hambatan dalam pelayanan masyarakat.
Penyelenggara pelayanan pengaduan berwenang untuk tidak menindaklanjuti pengaduan yang dinilai tidak etis, berbau SARA (Suku, Agama dan Ras) dan tidak bertanggung jawab

Facebook Page

KONTAK KAMI

Bidang Data Elektronik
Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika Kota Mojokerto
Jl. By Pass Km 50 Kelurahan Meri Kecamatan Magersari Kota Mojokerto Kode Pos 6 1 3 1 5
Telp. 0321-5884908